Tidak mengerti pusat layanan bersama? Periksa informasi ini

Shared service center atau sering disingkat SSC adalah pembagian tugas atau sharing service untuk mengatasi keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dan teknologi. Layanan tersebut dikatakan dibagikan dengan lini perusahaan lain sehingga mereka tidak merasa harus mengeluarkan biaya tambahan agar bisa mendapatkan lini layanan sendiri.

Dapat dikatakan bahwa layanan tersebut merupakan layanan wajib yang harus dimiliki perusahaan jika ingin meningkatkan kinerja perusahaannya. Bahkan pemerintah sendiri juga telah menerapkan sistem seperti itu kepada BUMN untuk dapat memaksimalkan cara kerja perusahaan-perusahaan tersebut tanpa mengeluarkan biaya perawatan yang mahal.

Bagi orang awam, mungkin banyak yang belum terlalu berpengetahuan dan tahu pasti apa yang dimaksud dengan layanan seperti ini, karena menabung ketika belajar tentang layanan tersebut tidaklah mudah.

Penjelasan yang disederhanakan tentang layanan pusat layanan bersama

WEBID :

  1. distributorcctv.co.id
  2. sederhana.co.id
  3. cekberatanak.id
  4. gbsh.co.id
  5. metrofcmalang.id
  6. o2omarket.id
  7. balajar.id
  8. mediaronggolawe
  9. bengkulusatu.co.id
  10. tribratanewspolresmakota.id
  11. swatvnews.id
  12. telkopedia.co.id
  13. stadion.co.id
  14. olymptrade.id
  15. bapper.id
  16. blud-rsudlht.id
  17. djohancapital.co.id
  18. sigmanews.co.id
  19. solusibisnis.co.id
  20. samasetara.id
  21. rsud-jeneponto.id
  22. hubdigital.id
  23. businessreview.co.id
  24. easydeal.id
  25. gatra.co.id
  26. edwardforrer.co.id
  27. sonorasurabaya.co.id

Karena banyak rumor yang menyebutkan bahwa shared service atau SSC adalah jenis layanan untuk dapat meningkatkan peningkatan dalam sebuah perusahaan, maka diperlukan pengetahuan untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu SSC. Karena banyak sekali masalah, terutama bagi perusahaan. Jika Anda dapat menerapkan layanan seperti ini di tempat kerja, Anda tentu akan menghasilkan keuntungan bagi bisnis sehingga lebih sempurna.

Singkatnya, shared service center adalah  bagian dari layanan atau tugas layanan untuk dapat mengatasi kendala sumber daya. Karena menggunakan konsep ini akan menimbulkan beban bagi perusahaan yang perlu dilakukan agar dapat mengejar tujuan dengan membelanjakan sesedikit mungkin. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli teknologi atau hal pendukung lainnya karena hal ini bisa dilakukan oleh SSC.

Bahkan, penggunaan konsep ini memiliki tujuan tunggal untuk mengurangi biaya untuk bidang operasi perusahaan dan dapat meningkatkan keandalan layanan di perusahaan. Karena penyelenggara dan agen shared services tentunya akan selalu mengawasi jalannya pelayanan yang diberikan kepada pimpinan oleh sejumlah pakar di bidangnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SSC ini merupakan unit atau agen dalam suatu perusahaan yang menyediakan jasa jasa untuk dapat membagi penggunaannya sehingga dapat digunakan untuk seluruh bagian entitas dalam perusahaan.

Manfaat Utama Menggunakan  Pusat Layanan  Bersama

Bahkan dengan mengenali manfaat dan manfaat yang dapat diperoleh melalui konsep layanan, memungkinkan beberapa badan usaha untuk memilih untuk menerapkan atau menerapkan konsep ini. Beberapa contohnya antara lain perusahaan BUMN seperti Telkom Group dan PT Pertamina yang merupakan salah satu kompetitor terbesar Indonesia yang menerapkan shared service center. Tentu saja, mereka menyadari beberapa manfaat menggunakan layanan bersama ini.

Salah satu manfaat menggunakan konsep shared service adalah merupakan salah satu cara untuk dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan karena dapat terus meningkatkan kinerja bisnis dengan mengeluarkan biaya yang relatif efisien. Sehingga dengan menggunakan layanan ini, ia tentunya dapat meningkatkan manajemen proses bisnis di perusahaan. Akibatnya,  perusahaan tidak perlu mengalokasikan investasi yang relatif besar  hanya untuk perangkat.

Tampaknya meningkatkan keandalan di perusahaan jelas merupakan nilai tambah jika Anda menerapkan penggunaan layanan bersama. Jelas, mengalami manfaat seperti itu akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena pada akhirnya akan fokus pada peningkatan kepuasan pelanggan.

Manfaat lainnya adalah kemampuan untuk menggunakannya sebagai pendukung pengambilan keputusan. Karena menggunakan layanan bersama, data yang disediakan dan dianalisis tampaknya dapat diandalkan dan siap untuk dieksekusi.

Contoh sederhana dari implementasi pusat layanan bersama

Bahkan mungkin sekarang sudah banyak dari anda yang belum mengetahui pasti apa itu SSC. Jelas, ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kebanyakan orang yang memahami istilah ini adalah mereka yang bekerja di bidang perusahaan, terutama dalam pengembangan perusahaan. Untuk mengetahui seperti apa konsep layanan seperti ini, diperlukan contoh dunia nyata untuk dapat menggambarkan layanan tersebut.

Kami akan mengambil ilustrasi sederhana yang sekarang dapat menggambarkan implementasi konsep ini. Salah satunya adalah perusahaan seperti kantor pos, yang mulai menerapkan layanan umum. Perusahaan ini menggunakan layanan tersebut untuk dapat mengembangkan dan mengelola fungsi SDM, akuntansi dan aset.

Tentunya, sebelum menggunakan layanan ini, setiap sistem kantor pos menggunakan fungsi pendukung masing-masing departemen. Contohnya termasuk Bagian Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Lainnya. Namun, sejak diterapkannya konsep layanan ini, tidak setiap kantor pos tidak lagi membutuhkan departemen tersebut karena dapat didesentralisasi berdasarkan wilayah tertentu untuk memberikan layanan yang sama untuk membuka beberapa cabang kantor pos.

Oleh karena itu, semua kantor pos kini tidak lagi membutuhkan support department seperti di atas, sehingga dapat menekan biaya operasional dan mengurangi jumlah karyawan. Biaya pengurangan karyawan dapat dialokasikan ke area komersial, seperti upaya untuk mengirimkan barang atau menarik kembali barang. Dengan demikian, ini mengarah pada kemampuan perusahaan untuk beroperasi secara optimal dan efektif tanpa biaya lagi.

Hambatanimplementasi shared service center di perusahaan

Meskipun diketahui bahwa layanan tersebut memang dapat memberikan manfaat dan peningkatan yang signifikan bagi bisnis, sayangnya, masih banyak perusahaan yang  belum dapat  menerapkan atau menerapkan pusat layanan bersama karena beberapa kendala atau tantangan.

Tentu saja, salah satu kendala terbesar yang dihadapi sebuah perusahaan ketika ingin menerapkan layanan seperti di atas, mau tidak mau harus dapat mengubah atau mengatur ulang struktur manajemen. Selain itu, perusahaan juga harus dapat mengapresiasi bagaimana manajemen bisnis dan sumber daya manusianya selaras dengan tujuan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, agar perusahaan dapat lebih fokus pada faktor-faktor penentu keberhasilan perusahaan dalam proses penggunaan atau penerapan layanan ini, perusahaan perlu mengembangkan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mencoba mengkomunikasikan implementasi ini dengan mengadakan pertemuan dengan manajemen senior agar dapat mengimplementasikan perubahan secara efektif.

Dapat disimpulkan bahwa penerapan   layanan tersebut merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas bisnis di era digital ini sekaligus memaksimalkan proses. Alhasil, penerapan konsep ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan melalui spending dan cost sesedikit mungkin sehingga perusahaan dapat beroperasi lebih efisien.

Tentu saja, untuk mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan, terutama dalam jangka panjang perusahaan, perlu dipikirkan strategi agar Anda dapat meningkatkan pekerjaan di perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang stabil. Perusahaan harus mengalokasikan saham kepada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, implementasi pusat layanan bersama  memainkan peran kunci dalam mencapai hal di atas.